Sabtu, 13 Mei 2023

Bingung Mau Menerbitkan Buku Kamu? Coba Cara Ini!



Sudah lama sejak terakhir kali saya memposting di LinkedIn, dan hari ini saya ingin berbagi tentang proses saya dalam membuat desain cover dari novel yang saya rampung pada 2020-2021 di media online Wattpad, hingga akhirnya saya memutuskan untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa inggris dan menjualnya secara independen di situs Amazon Kindle Direct Publishing pada Maret 2023 yang lalu.

Disclaimer!

Tulisan ini dibuat untuk semuanya, tetapi lebih dikhususkan untuk kamu yang memiliki minat di bidang kepenulisan. Semoga dapat bermanfaat.

Adapun pertimbangan hingga akhirnya saya memutuskan untuk menerbitkan naskah cerita "Sneak Peek" ini di luar negeri adalah karena:

Pertama, sulitnya mencari penerbit untuk naskah dengan genre yang saya buat di novel ini. Novel ini saya buat dengan memadukan genre misteri dan thriller dengan tokoh utama seorang anak berumur 16 tahun yang mengalami gangguan kejiwaan.

Kedua, Beberapa penerbit indie di Indonesia yang pernah saya coba memiliki sistem yang rumit namun hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Bukan bermaksud untuk menjelekkan beberapa pihak, namun begitulah adanya. Salah satu buku saya dicetak dengan format dan royalty yang tidak sesuai perjanjian. Dari pihak penerbit pun tak memberikan penjelasan sampai sekarang.


Oleh sebab dua alasan itulah akhirnya saya memutuskan untuk menerbitkannya secara online di media luar. Selain sebagai tempat untuk melatih kemampuan desain dan ilustrasi saya dalam pembuatan desain cover dan layout buku. Ini juga menjadi pengalaman yang berharga untuk terus membuat saya bersemangat dalam berkarya.

Ilustrasi untuk cover buku Sneak Peek saya buat dengan menyesuaikan judul dan juga tema utama buku ini yaitu tentang Multiple Personality Disorder. Sama seperti proses pembuatan desain untuk cover buku dari klien saya sebelumnya, saya perlu untuk memahami keseluruhan isi dan maksud yang terdapat di dalam novel untuk dapat menghasilkan ilustrasi yang benar-benar mewakili cerita di dalamnya . Adapun software yang saya pakai untuk membuat desain cover dan layout buku ini adalah Adobe Photoshop.

Proses pengajuan naskah hingga terbit dan siap tayang di marketplace amazon terbilang cukup cepat dan mudah. Untuk naskah ini saja saya hanya membutuhkan 2 hari, itu pun dikarenakan adanya koreksi di beberapa bagian hingga novel ini memenuhi standar terbit dari Amazon Kindle Direct Publishing. Selain itu, proses untuk mendapatkan ISBN untuk buku pun sangat mudah dan gratis, sehingga sangat menguntungkan bagi para penulis.

Demikian cerita saya, di lain waktu mungkin saya akan membagikan proses pengajuan naskah hingga buku dapat terbit di marketplace Amazon. Selamat berkarya semua!

Note:

Buku dapat dipesan disini 👉 https://lnkd.in/gg5CiX43