Sabtu, 30 Juli 2016

3 Kegiatan Penghilang Bosan Atau Kehidupan Yang Monoton



Jangan bilang kalo lo gak pernah ngerasain bosan. Bosan itu naluri alamiah, manusiawi sekali. Banyak cara yang dapat kita lakuin agar kita dapat mengalahkan rasa bosan. Yang penting, jangan sampai kamu bosan untuk menghilangkan rasa bosan kalian.
Rasa bosan merupakan reaksi dari pikiran kita yang terlalu jenuh dengan keseharian yang monoton. Otak seolah tidak bekerja, karena kegiatan monoton akan menjadi kebiasaan. Sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan, artinya terjadi secara spontan, tanpa terlalu banyak memerlukan sel syaraf otak untuk bekerja.
Pikiran yang jenuh dapat kita ibaratkan sebagai air keruh di dalam gelas. Apa yang kita dapat dari air keruh di dalam gelas? Jangankan untuk meminumnya, untuk memandangnya saja kita sudah lelah. Hal itu juga terjadi pada diri kita. Lalu bagaimana cara agar kita bisa memperbaiki air keruh itu? Salah satu caranya adalah dengan menambahkan air jernih ke dalam gelasnya. Semakin banyak air jernih yang masuk di dalam gelas, semakin berkurang kekeruhan airnya. Oleh karena itu, untuk membersihkan rasa bosan yang muncul di dalam pikiran kita adalah dengan menambahkan aktivitas-aktivitas yang terbilang masih baru bagi diri kita masing-masing. Berikut ini kelima kegiatan yang mampu menghilangkan rasa bosan berdasarkan pengalaman A. A. Widarta.


Pertama, belajar hal baru. Pengalaman baru membuat kita keluar dari zona nyaman kita dan akan memaksa kita untuk beradaptasi dengan pengalaman tersebut. Hal yang menyebabkan kita merasa bosan adalah karena aktivitas monoton yang kita alami berulang  kali. Aktivitas yang dilakukan berulang kali membuat kita hapal dengan apa saja jadwal kegiatan kita dengan sangat baik, akibatnya kita tidak dapat menemukan kejutan-kejutan dalam hari-hari kita. Hal inilah yang memicu rasa bosan. Dengan mempelajari hal baru, diharapkan kita mencegah aktivitas monoton itu terjadi dalam hidup kita. Selain terhindar dari rasa bosan, hal ini juga dapat menambah wawasan kita.


Kedua, jika terbiasa bangun pagi coba bangun lebih pagi lagi, jika sudah terlalu pagi, coba bangun lebih siang. Jika kita ibaratkan kita terbiasa bangun pukul 6 pagi. Cobalah untuk bangun lebih pagi dari jam 6. Ambil contoh mudah, pukul 05.55. Dengan bangun 5 menit lebih awal, kita membuat pola baru di dalam pikiran kita, hal ini secara tidak langsung akan memaksa tubuh kita agar tidak terperangkap dalam keseharian yang monoton. Selain mengubah rutinitas keseharian kita, bangun lebih pagi membuat kita jauh lebih siap dibandingkan sebelumnya. Entah kita akan memilih bangun lebih pagi atau lebih siang, pada intinya maksud dari metode ini adalah agar kita menghilangkan kebiasaan bangun tidur kita yang monoton ini, agar kita tidak terjebak oleh rutinitas.


Ketiga, olahraga. Olahraga disini dapat dilakukan baik itu olahraga yang tergolong ringan, seperti jogging, ataupun olahraga yang lebih kompleks lagi seperti yoga. Atau kalau kalian termasuk orang yang memiliki cukup uang, dapat pula pergi ke Gym center terdekat di kota kalian. Sudah tidak dapat kita ragukan lagi bahwa dengan berolahraga, selain tubuh kita menjadi lebih bugar, pikiran kita juga jauh lebih positif dibandingkan sebelum berolahraga. Hal ini karena, beberapa racun dalam tubuh dapat keluar melalui keringat ketika kita berolahraga. Hal yang menyenangkan dari olahraga adalah kita dapat bertemu dengan orang-orang baru maupun suasana baru. Hal ini akan membuat pikiran kita tidak jenuh.
demikian tiga tips agar kita dapat mengalahkan rasa bosan. semoga bermanfaat ^^

Salam,