Sabtu, 17 Desember 2016

Kimi No Na Wa (2016), Fenomena "Who Are You"




Film ini bercerita tentang mitos “who are you?” yang biasanya terjadi ketika komet tiba. 2 orang tokoh utama, Taki dan Mitsuha, secara tiba-tiba bertukar tubuh.
Konflik pertama adalah kejadian bertukar tubuh itu sendiri. Mereka bertukar tubuh tanpa dapat dikontrol kapan terjadinya. Awalnya hal itu membuat mereka tak nyaman. Karena kondisi mereka juga menyebabkan perubahan pada hubungan social mereka masing-masing, hingga akhirnya mereka harus mencatat setiap apa yang terjadi ketika mereka bertukar tubuh agar mereka tidak canggung dengan lingkungan mereka ketika mereka kembali ke tubuh masing-masing.
konflik kedua adalah ketika kedua tokoh tak lagi bertukar tubuh. Kejadian ini ternyata menyadarkan mereka bahwa sesungguhnya mereka sudah saling menyukai dan mulai merasa kehilangan. Hal ini yang memicu konflik ketiga dan menguak kenyataan pahit, kota Itomori, tempat tinggal Mitsuha ternyata telah hancur 3 tahun yang lalu karena jatuhnya meteor di desa tersebut.
Sejenak, ketika sampai pada scene ini, aku pikir selama ini ia hanya berada di dalam hayalan tentang bertukar tubuh dan gadis yang masuk ke dalam tubuh Taki hanyalah seorang hantu yang meminta tolong pada Taki.
Tapi nampaknya tidak begitu, film ini ternyata bercerita tentang Mitsuha 3 tahun lalu dan Taki di tahun ini. Hal ini mulai ditunjukkan dengan adanya pita di tangan Taki yang ternyata didapatnya 3 tahun lalu dari seorang gadis yang belum ia temui. Siapa gadis itu? Ternyata ia adalah Mitsuha. Ya, pada saat itu Misuha sudah mengalami bertukaran tubuh dengan Taki, sementara Taki belum mengalaminya.
Keajaiban muncul, ketika Taki yang meminum sake untuk dewa mereka, akhirnya dapat kembali bertukar tubuh dengan Mitsuha, tepat di hari dimana meteor akan membinasakan kota Itomori. Dengan bantuan 2 orang teman sekolah Mitsuha, mereka berusaha untuk mencegah warga untuk mendatangi areal festifal dan segera berkumpul di lokasi yang tidak kena hantaman meteor. Beruntunglah kejadian itu tepat pada waktunya dan seluruh warga Itomori dapat selamat.
hal paling konyol menurutku pada film ini adalah adegan ketika kondisi karetaso/kawatare-doki (who is that) terjadi. Kondisi ini dijelaskan sebagai kondisi ketika senja tepat berada di horizon sehingga tampak samar. Saat itu biasanya kita bisa bertemu dengan seseorang yang bukan manusia (tak kita kenal). Pada saat itu Taki bertemu dengan Mitsuha. Taki menuliskan kata pada telapak tangan Mitsuha, yang kupikir ia menuliskan namanya. Ternyata yang ia tuliskan adalah “I love you”. Seharusnya ia menuliskan namanya dengan baik pada kesempatan itu, sehingga setidaknya Mitsuha dapat mencarinya setelah mereka saling melupakan nama.
Tapi akhirnya sangat memuaskan. Seperti akhir film anime lainnya, film ini juga berakhir dengan baik. Mereka saling mengenali, walaupun saling melupakan nama masing-masing.

Buat yang penasaran bagaimana ceritanya, silahkan googling filmnya, atau dapat beli kasetnya.