Minggu, 11 Desember 2016

Mengapa Music Country Sulit Diterima Di Pasaran Indonesia Sekarang?




Siapa yang mengenal Taylor Swift? Atau mungkin hunter hayes? Atau blake Shelton?
Oke, mungkin untuk nama yang pertama sudah pasti banyak yang mengenalnya. Selain karena gossip yang menghinggapinya hingga hits-hits yang dibuatnya yang mudah diterima banyak kalangan?
Namun ada yang tau dengan yang berada di nomor 2, kemungkinan juga cukup banyak. Siapa Hunter Hayes? Ia juga seorang penyanyi contry yang memulai karir di usia muda. Salah satu hitsnya adalah lagu Everybody got somebody, but me. Duetnya dalam lagu ini bersama penyanyi pria yang suka memakai topi, Jason Mraz memang easy listening. Namun jika kita mendengar nama yang ketiga? Jumlahnya persentase pendengar muda yang mengenalnya sedikit menurun. Kecuali jika mereka suka menonton acara The Voice America, mungkin nama penyanyi country ini tidak asing lagi. ya, dia adalah salah satu juri di dalam acara pencarian bakat menyanyi tersebut. Lalu bagaimana dengan penyanyi country lainnya? Seperti Travis Tritt, Kenny rogers, dolly parton, faith Hill, Tim McGraw, Johnny Cash, Martina Mcbride atau Mungkin Ttrisha Yearwood?
Musik country memang terasa sulit diterima oleh pendengar muda, kecuali penyanyi tersebut memang sering muncul di pemberitaan, barulah mereka mudah untuk dikenali.
Sebelumnya, ada yang tahu music country itu lagu yang seperti apa? Music country adalah music yang instrumenya dominan gitar acoustic. Alunan suara gitar yang easy listening memang mudah diterima beberapa kalangan. Satu lagi yang cukup melekat dengan music country adalah image cowboy. Ya music coutry adalah music yang sepertinya sangat melekat dengan pria berkuda yang mengenakan topi kulit lebar, sepatu boots kulit, kemeja kotak-kotak dan lingkungan pertanian yang luas.
Namun mengapa untuk music country sendiri sulit untuk masuk pasaran Indonesia saat ini? Berikut ini adalah beberapa kemungkinan mengapa music country sulit diterima di telinga pendengar remaja di Indonesia.

1.       Lirik lagunya berat
ya, lirik lagu yang dilantunkan memang sedikit berbeda dengan lirik lagu-lagu Indonesia saat ini yang cenderung lebih kekinian. Selain itu juga lirik lagu Indonesia saat ini mayoritas adalah lagu-lagu yang cenderung straight to the point. Hal ini berbeda dengan musik country sulit diterima karena liriknya yang lebih konotatif, sehingga perlu untuk dicerna terlebih dahulu.
Misalnya saja lirik lagu yang dilantunkan Travis Tritt

Uncle Sam’s got his hands in my pockets
And he helps himself each time he needs a dime
                   Them politicians treat me like a mushroom
                   'cause they feed me bull and keep me in the blind

Pada penggalan lirik lagu di atas, kita tidak mendapatkan pesan – pesan yang langsung kita cerna. Sebaliknya, kita diajak untuk menelaah tentang apa lagu di atas. Ada yang tahu apa maksud lirik di atas?
Selain itu, faktor lain yang juga menyebabkan lagu country lebih sulit untuk diterima di pasaran Indonesia saat ini adalah genre lagu country yang ballad, membuat lirik lagunya jauh lebih panjang dibandingkan dengan kebanyakan lirik lagu Indonesia saat ini.

2.      Tema lagunya berat
Masih berkaitan dengan point pertama tadi, lirik-lirik lagu yang berat ini teryata juga berasal dari tema lagu yang juga tidak easy listening. Tema-tema lagu yang mayoritas dipakai oleh musi country adalah mengenai kehidupan, keluarga dan kehidupan sehari-hari. Hal ini berbeda dengan tema-tema lagu Indonesia yang sedang kekinian yang lebih banyak bercerita tentang cinta monyet ataupun tentang hal-hal yang lebih umum.
Kebanyakan pendengar muda saat ini lebih menyukai music yang mudah. Music – music yang instan yang lebih cepat dimengerti ketimbang music – music yang harus dicerna terlebih dahulu. Jika kita lihat pada penggalan lagu pada point satu di atas, tema yang diangkat pada lagu di atas adalah mengenai cerita yang menyangkut permasalahan poltik, tentang rakyat kecil dan tentang pemerintahan menjadi pokok permasalahan yang diangkat, ini juga bukan tema yang umum kita dengar bukan?

3.      Masih sedikit penyanyi country muda yang dikenal di Indonesia
Ya, ini juga salah satu penyebab mengapa music country  sulit masuk ke Indonesia saat ini adalah karena hal tersebut. Coba kita berpikir sejenak, mengapa music k-pop lebih mudah diterima? Padahal kalau kita pikir, pendengar Indonesia cukup lebih menguasai bahasa Inggris ketimbang bahasa korea. Ada yang tahu jawabannya? Yak, betul. Music k-pop lebih mudah diterima karena mayoritas penyanyi k-pop masih berusia muda dan berpenampilan menarik dan eye-catchy. Hal ini jelas-jelas lebih mudah memancing pendengar muda yang mayoritas wanita untuk mengidolakan music k-pop ketimbang music country.


Demikian beberapa alasan mengapa music contry lebih sulit masuk ke pasaran Indonesia saat ini. Semoga bermanfaat ^^