Senin, 19 Februari 2018

4 alasan logis hijrah menulis ke wattpad



Halo semua,

Sebenarnya sudah lama aku ingin berbagi mengenai topik ini pada kamu. Tapi entah mengapa, rasanya hati masih berat untuk sekedar menggerakkan jari di hadapan layar komputer. Dan akhirnya hari ini datang juga.

Ada banyak alasan mengapa aku memilih untuk menulis di Wattpad. Tapi di sini aku hanya membatasinya sampai empat poin saja untuk kamu. Jika ada waktu senggang, maka postingan ini pasti akan memiliki sequelnya, hehehe...

Sebelumnya, aku ingin cerita sedikit tentang pertemuanku dengan wattpad. Saat itu, sekitar 4 tahun yang lalu sebenarnya aku sudah pernah menerbitkan beberapa cerpen dan puisi di akun wattpadku @agungwidarta (di follow ya, hehehe)

Ini sebenarnya bentuk pelarianku karena blog yang sudah aku buat sejak 2010 menghilang tanpa jejak. Rasanya saat itu begitu sakit hati. Mengapa? sebab semua puisi dan tulisanku yang lainnya belum sempat aku arsipkan, semuanya hilang. 

Hanya ada beberapa yang dapat diselamatkan karena aku sempat menuliskannya di buku tulis. Tapi tetap saja, perjuangan untuk mendapatkan pengunjung dan juga pengikut blog tetap tak terbayarkan.

Akupun akhirnya giat menulis di Wattpad. Tapi dalam hitungan beberapa bulan, akhirnya aku menyerah. Kenapa? sebab aku sama sekali tak memilik pembaca, jikalau ada pun progresnya tak akan membuat hati bahagia. Dan akhirnya, aku memutuskan untuk berhenti menulis di Wattpad.

Lalu aku melanjutkan tulisan-tulisanku di blog yang baru. Dengan belajar dari kesalahan masa lalu, aku selalu membackup tulisan di blog agar tak hilang sewaktu-waktu.

Hingga akhirnya di akhir penghujung tahun 2017, aku mulai kembali tertarik untuk menuliskan ceritaku di Wattpad, dengan berbagai pertimbangan menarik sebagai berikut.


Pertama, Wattpad adalah aplikasi khusus orang-orang yang suka membaca buku.

mengapa ini menguntungkan? ini karena kita tak perlu kesulitan lagi mencari pembaca. Wattpad telah menjadi wadah bagi jutaan pembaca di seluruh dunia untuk mendapatkan bahan bacaan untuk menghabiskan waktu luang mereka.


Kedua, Wattpad adalah aplikasi mobile

Ya, dan kalian tahu apa artinya ini semua? tulisan-tulisan kamu di wattpad dapat dengan mudah di akses oleh semua orang, dimanapun dan kapanpun. Menarik bukan?


Ketiga, Wattpad media promosi tulisan yang baik untuk pemula

Bagi kita, penulis yang baru saja hendak menancapkan sejarah tulisan kita di dunia penulisan, menulis di wattpad akan sangat menguntungkan. Bagaimana tidak? tulisan kita akan segera mendapatkan viewer dan yakinlah, akan ada yang berkomentar di dalam karya kita, baik ataupun buruk. tapi itu artinya karya kita sedang diapresiasi oleh publik. Hal ini juga tak menutup kemungkinan bahwa penggemar tulisan-tulisanmu di wattpad akan menjadi fans setiamu.


Keempat, kesempatan ditawari menerbitkan buku lebih besar

Ini adalah salah satu kabar gembira untuk kita. Bukan hanya pembaca ataupun penulis yang bergentayangan di dalam wattpad, tetapi juga editor maupun penerbit-penerbit mayor juga ikut bergentayangan di sana. Siapa tahu, tulisan kita dilirik oleh penerbit dan diterbitkan. Bayangkan betapa bahagianya kita.

Tetapi, tetap saja. Dari semua alasan logis di atas, viewermu tidak akan bertambah jikalau kualitas tulisan kita tidak terus dikembangkan dan diperbaiki. Dan satu lagi, tulisan yang baik juga tidak akan berhasil jika kita tidak tahu cara promosi yang benar.

untuk yang penasaran dengan ceritaku, boleh baca sinopsisnya ya disini

semoga bermanfaat,